DASAR PERENCANAAN INTERIOR

 DASAR PERENCANAAN INTERIOR

SMK JURUSAN DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN

1. KONSEP DAN GAYA INTERIOR

Desain interior pada dasarnya terkait dengan hal merencanakan, menata dan merancang ruang-ruang interior didalam sebuah bangunan agar menjadi sebuah tatanan fisik untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia dalam hal penyediaan sarana bernaung dan berlindung. Desain interior juga akan memppengaruhi pandangan dan pencitraan terkait dengan suasana hati dan kepribadian manusia. Desain interior adalah merencanakan,menata dan merancang ruang- ruang interior dalam bangunan. Tujuan Desain interior adalah : a. Memperbaiki fungsi; b. Memperkaya nilai estetika; c. Meningkatkan aspek psikologis sebuah ruangan.

Materi selengkapnya dapat di download di : Handout Konsep dan Gaya Interior

2. DASAR PERENCANAAN INTERIOR

7 prinsip dasar desain interior yaitu, 
a. Unity dan harmoni; 
b. Keseimbangian (balance); 
c. Focal point; 
d. Irama; 
e. Perbandingan/ proporsi; 
e. Skala; 
f.  Warna.

Materi selengkapnya dapat di download di : Dasar Perencanaan Interior

3. KONSEP RUANG PADA INTERIOR

Ruang dapat diartikan sebagai wadah ekspresi dari sang pengguna karena ruang berkaitan dengan visualisasi dan emosional sang empunya rumah..dengan begitu ruang dapat diklasfikasikan menurut aktivitas dan fungsi yang terkandung didalamnya.. pada gambar diatas ruang tersebut menimbulkan citra tenang dan damai sesuai dengan fungsi ruang keluarga yang bersifat hangat dan menenangkan.

Materi selengkapnya dapat di download di : Konsep Ruang Interior

4. DEKORASI DAN ORNAMEN

Ornamen juga berarti dekorasi atau hiasan, sehingga ornamen sering disebut sebagai disain dekoratif atau disain ragam hias. Pengertian ornamen dengan dekorasi dalam banyak hal terdapat kesamaan, karena dekorasi juga memiliki arti menghiasi. Namun tetap saja ada perbedaan-perbedaan yang signifikan, karena dekorasi dalam banyak hal lebih menekankan pada penerapan-penerapan yang bersifat khusus, misalnya dekorasi interior, dekorasi panggung.

Materi selengkapnya dapat di download di : Dekorasi Dan Ornamen

5. ELEMEN PENDUKUNG INTERIOR

Finishing bangunan merupakan suatu cara atau teknik yang digunakan untuk memberikan suatu sentuhan akhir atau finishing dalam pengaplikasian suatu bangunan, dalam pengaplikasiannya adalah semua element bangunan , maka dari finishing inilah tampilan dari bangunan akan lebih cantik dan menarik, finishing bangunan ini sangat penting sekali karena akan menunjukan hasil akhirnya yaitu baik atau buruknya suatu bangunan,

Materi selengkapnya dapat di download di : Elemen Pendukung Interior

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perhitungan Gaya Momen Dan Gaya Geser Mekanika Teknik

Gaya Dalam Struktur Bangunan

Macam - Macam Gaya Dalam Struktur Bangunan